Thursday, July 30, 2015

MR: 13 Going on 30


Hai! Hari ini mau memulai sesuatu yang telah lama terpendam, yaitu menulis Movie Review/Recommendation. Kenapa movie? Simply because self-proclaimed I have a pretty good taste in movies. Hahaha. Mungkin karena hobi nonton film dan baca buku, jadi lama-lama terbiasa ngeliat alur cerita, karakter, plot, dan sebagainya.

So, the first movie I want to review is “13 Going on 30”


Ini salah satu film favorit yang udah ditonton berpuluh-puluh kali. To be honest, kayaknya aku udah hafal sama skenario dan lines dari masing-masing karakternya.

Film ini keluar tahun 2004, udah cukup lama sih emang. Ceritanya ada seorang anak perempuan namanya Jenna Rink (Jennifer Gardner) yang lagi berulangtahun yang ke-13. Kayak anak-anak remaja lainnya, Jenna pingin cepet jadi wanita dewasa. Pingin bisa pakai make-up, jadi cantik, punya boobs, punya pacar ganteng, dan sebagainya. Dia bertemen baik sama cowok gendut bernama Matty Flamhaff (Mark Ruffalo). Karena dia pingin banget jadi populer, dia terpaksa harus hang out sama cewek-cewek populer typical American movie (serba-pink, bitchy, blonde). Salah satunya yaitu Lucy Wyman (Judy Greer). Tapi mereka ga pernah bisa menerima Jenna dan malah nyuruh Jenna untuk ngerjain PR mereka. Lucy dkk. bahkan ngegodain Jenna sama Matt. Singkatnya karena Jenna desperate, dia akhirnya frustasi dan ngamuk-ngamuk di balik lemari. Waktu itulah ada wishing dust yang bisa mengabulkan permintaan, yang akhirnya bener-bener ngebawa Jenna ke masa depan, waktu dia umur 30 tahun.

Si Jenna seneng setengah mati karena turns out semua yang diinginin ketika dia masih muda tercapai. But it comes at a cost. Thirty-year old Jenna doesn’t speak to her parents anymore, doesn’t hang out with Matt anymore. She turns into someone with bad attitude. Tapi Jenna pingin berubah, dan pingin berteman lagi sama Matt, mungkin malah lebih dari teman. Sampai dia akhirnya sadar kalau waktu ga bisa seenaknya diputerbalik.

What I love about this movie: it’s honest, and fun, and we all can relate to this story. Sebagai cerita drama komedi, banyak adegan yang bikin kita ketawa liat tingkah Jenna. Dia tiba-tiba dansa ala Michael Jackson, atau makan permen di sela-sela rapat. Akting Jennifer Gardner keliatan alami, gak terkesan dibuat-buat. Mark Ruffalo juga sama, aktingnya natural, cool, dan ga terlalu ekspresif.

Dansa Thriller ala Michael Jackson
Character-wise, orang-orang yang ada di film ini bisa kita jumpai di kehidupan sehar-hari. Anak kecil yang ga sabar jadi dewasa, kelompok populer dan kelompok nerd, rekan kerja yang bitchy, bos yang gay, dll. Gak ada perbedaan kutub protagonis dan antagonis yang terlalu lebar. Kalau biasanya di film kita bisa benci banget sama karakter antagonis, disini enggak. Karena semuanya logis, gak ada karakter yang tanpa motivasi apapun terus tiba-tiba jadi super menyebalkan.

Plot-wise, I’m gonna give 7.5 out of ten. Ketika liat film ini, kita kira-kira udah dapet gambaran ceritanya akan berjalan kayak gimana. Tapi ada twist menarik di bagian ending yang bikin jadi less predictable. Ada adegan-adegan yang bisa dipotong, kayak misalnya ketika Jenna nyanyi-nyanyi sama anak kecil. Naik-turunnya terjaga, walaupun ga bisa dibilang ada faktor “Wow”nya. Tapi ceritanya sangat nostalgic dan bisa bikin kita senyum-senyum sendiri inget waktu jaman jatuh cinta SMA.

Message-wise, well aku percaya kita bisa selalu belajar dari sebuah film. Semua cerita ada pesan moralnya kan? Dan kalau ga ada, then it’s a pure useless entertainment. Ada beberapa hidden message yang bisa didapet setelah nonton film ini sih. Pertama, it is never too late to become a better person. Jenna membuktikan dia bisa berubah dari karakter dia yang dulu. Dua, sometimes what we dream of is not really what we need. Cowok terganteng di angkatan Jenna aja akhirnya jadi supir taksi di New York. Jenna udah dapetin semua yang dia mau sejak kecil, tapi ternyata itu ga sepadan kalau dia harus kehilangan orangtua atau sahabat baik dia. Tiga, be careful what you wish for!

So overall, it was a fun and romantic movies! An easy watch. Kalau belum pernah nonton, go ahead rent the DVD, I bet you’ll like it!

Director: Gary Winick
Writers: Josh Goldsmith, Cathy Yuspa
Stars: Jennifer Garner, Mark Ruffalo, Judy Greer

PS: Hey, if you want to read my review about certain movies, please put it in the comment box and I’ll review it ;)

[F]

No comments:

Post a Comment